HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

Sinyal Misterius Ini Diduga dari Alien

Author : Administrator | Senin, 19 Mei 2014 09:55 WIB
Sumber: Viva News
Ilustrasi UFO dan alien
Ilustrasi UFO dan alien

VIVAnews - Peneliti antariksa tengah dipusingkan dengan temuan sinyal radio yang misterius. Sinyal itu terdeteksi sangat cepat, muncul hanya sementara dan secara acak. Hal itu membuat peneliti sulit menemukan sumber sinyal itu bahkan juga susah untuk mempelajarinya. 
 
Saking susahnya menentukan sinyal radio yang dinamakan Fast Radio Burst (FRB), peneliti sampai menduga kuat sinyal itu berasal dari makhluk ruang angkasa cerdas alias alien. 
 
Melansir Daily Mail, Senin 19 Mei 2014. Sinyal FRB pertama kali terdeteksi pada 2007 silam oleh teleskop radio, namun sinyal itu hadir secara singkat dan acak. Sinyal itu hadir hanya 5 mili detik ditemukan astronom Duncan Lorimer, untuk itu sinyal pada 2007 silam itu dinamakan sinyal Lorimer.  
 
Peneliti pun bingung dan butuh bertahun-tahun bagi peneliti berdebat sinyal itu bukan akibat kesalahan pada salah satu instrumen teleskop. 
 
Peneliti menduga sinyal emisi radio itu datang dari jarak yang sangat jauh, kemungkinan miliaran tahun cahaya dan mereka mempertanyakan seharusnya dalam sehari terdapat 10 ribu peristiwa serupa.
 
Namun sayangnya semua Kesimpulan peneliti masih menggantung, sinyal itu masih misterius.
 
Lima tahun berselang, teleskop radio di Parkes Radio Telescope, Australia menunjukkan kehadiran sinyal FRB lain. Untuk kasus ini beberapa peneliti mengatakan sinyal itu adalah akibat gangguan instrumen teleskop.
 
Misteri makin membingungkan. Sinyal FRB datang lagi pada April lalu, yang dideteksi pelacak sinyal radio raksasa di Puerto Rico. 
 
Para astronom menegaskan temuan sinyal-sinyal misterius itu memang nyata, tapi sayangnya untuk menguak apa dan bagaimana sinyal itu berasal masih jadi tanda tanya bagi peneliti. 
 
Astronom mengakui masih susah memecahkan teka-teki sinyal itu.
 
Sejauh ini spekulasi mengenai sinyal itu dikaitkan dengan pembakaran bintang, penggabungan bintang kerdil, tabrakan bintang neutron dalam lubang hitam sampai yang paling menyita perhatian yaitu kemungkinan sinyal dari alien.
 
"Temuan luar biasa itu menunjukkan fenomena astronomi yang belum diketahui, kemungkinan lain bisa menunjukkan jaringan komunikasi alien cukup luas. Dan alam semesta ini dipenuhi bentuk kehidupan cerdas," terang Nigel Watson, penulis Investigasi Manual UFO.
 
Watson menambahkan mengingat sinyal itu tidak biasa serta sulit dipahami sampai saat ini, maka ia berpendapat perlu mempertimbangkan adanya sinyal alien dan perlu segera untuk ditindaklanjuti.
 
"Sangat fantastis jika itu adalah sinyal, dan itu melengkapi pengetahuan bahwa di alam semesta kita tak hidup sendirian. Ini akan berdampak dramatis," tambahnya.




http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/505311-sinyal-misterius-ini-diduga-dari-alien
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image