HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

Respon Tubuh Saat Kita Olahraga Aerobik

Author : Administrator | Sabtu, 10 Mei 2014 10:13 WIB
Sumber: National Geographic

aerobik,aktivitas ringan
Senam aerobik ringan (Thinkstock, ilustrasi)

Melakukan olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang, atau berjalan kaki, secara rutin bisa meningkatkan kebugaran dan juga membuat umur lebih panjang. Ketahui juga bagaimana respon jantung, paru, dan sirkulasi darah, ketika kita melakukan olahraga ini.

Selama melakukan latihan aerobik, kita secara berulang menggerakkan otot besar di bagian lengan, kaki, dan pinggul. Efeknya pada tubuh pun akan langsung kita rasakan.

Kita akan bernapas lebih cepat dan lebih dalam. Hal ini akan memaksimalkan jumlah oksigen dalam darah. Jantung juga akan berdetak lebih cepat, akibatnya aliran darah ke otot dan kembali ke paru akan meningkat.

Sementara itu, pembuluh darah kecil (kapiler) akan melebar untuk mengantarkan lebih banyak oksigen ke otot dan membawa kembali produk sisa seperti karbondioksida dan asam laktat. Tubuh juga akan melepaskan endorfin, pereda sakit alami akan meningkatkan perasaan nyaman.

Dalam jangka pendek, olahraga aerobik memang akan membuat kita merasa lelah. Tapi dalam jangka panjang Anda akan merasakan peningkatan stamina dan rasa lelah pun semakin berkurang.

Berapa pun usia dan kemampuan atletik Anda, olahraga aerobik sangat bermanfaat. Jika dilakukan rutin, tubuh akan beradaptasi pada latihan ini sehingga kita akan semakin kuat dan bugar.


http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/05/respon-tubuh-saat-kita-olahraga-aerobik

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image