HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

Pada Akhir Pekan Ini, Mars Kedatangan 'Tamu'

Author : Administrator | Kamis, 18 September 2014 10:43 WIB

Wahana antariksa Maven milik NASA akan segera tiba di Planet Mars.

 
Pada Akhir Pekan Ini, Mars Kedatangan ''Tamu''
Curiosity mendarat di tempat yang ternyata merupakan dasar sungai kuno. Penjelajah itu lalu beranjak, menuruni lekukan kecil di dekatnya di sebelah kiri, lalu mengebor bebatuan pertamanya selama berbulan-bulan. Batuan itu mengandung bukti kimia bahwa tempat itu dulu tidak hanya diliputi air, tetapi juga dapat dihuni. Temuan lainnya simak di NGI Juli 2013. (NASA/JPL/MSSS)
 

Pada akhir pekan ini, wahana antariksa Maven milik NASA akan segera mencapai orbit Planet Merah setelah menempuh perjalanan sejauh 442 juta mil (sekitar 711.330.048 km).

Maven (Mars Atmosphere and Volatile Evolution Mission) diluncurkan dari Cape Canaveral, 18 November 2013 yang lalu. Bila semuanya berjalan lancar, robot penjelajah itu akan masuk ke orbit Mars Minggu (21/9) malam.

Jim Green dari NASA, pada Rabu (17/9) mengatakan, ia merasa sangat cemas dan "ini merupakan peristiwa yang penting".

Oleh sebab Maven sebeltulnya tidak dirancang untuk menjelajah daratan (permukaan) Mars, melainkan akan membantu meneliti atmosfer Mars bagian atas dari orbit.

Baca: Misteri Atmosfer Planet Merah Akan Dikuak Maven

Para ilmuwan ingin tahu bagaimana Mars beralih —dari buana yang hangat, lembap (mengandung air) hingga memungkinkan adanya kehidupan dalam beberapa miliar tahun awal hidupnya— hingga menjadi planet yang tandus sekarang ini.

Mengapa bisa terjadi perubahan atmosfer yang mengarah ke perubahan iklim radikal?

Maven akan mengemban misi menjelaskan hal tersebut melalui 'kunjungannya' ke Mars.
 

Maven akan berupaya menemukan kembali jejak-jejak yang membuktikan bahwa di permukaan Mars dulu ada danau-danau, sungai, dan lautan.

Atmosfer Mars yang sangat tipis, kurang dari 1 persen ketebalan Bumi pada tingkat permukaan laut, dimonopoli oleh gas karbon dioksida (95%).

(Gloria Samantha. Sumber: Nat Geo/NASA)




http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/09/pada-akhir-pekan-ini-mars-kedatangan-tamu

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image