HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

NASA Akan Jadikan Asteroid Tempat Parkir Pesawat

Author : Administrator | Senin, 19 Mei 2014 14:04 WIB
Sumber: Viva News


Sebuah foto ilustrasi asteroid dalam perjalanan ke Bumi.
Sebuah foto ilustrasi asteroid dalam perjalanan ke Bumi

VIVAnews - Keberadaan asteroid yang berjumlah sekitar 2.030 buah di luar angkasa selalu menjadi ancaman bagi Bumi. Benda yang berukuran besar tersebut bisa menghantam planet yang dihuni oleh manusia ini kapan saja.

Untuk menghindari hal itu, NASA berupaya menggunakan metode baru dengan cara 'memarkirkan' asteroid di orbit bulan yang lebih stabil.

"Misi ini diharapkan dapat menguji meningkatkan gravitasi traktor, yang dapat digunakan untuk mendorong sebuah asteroid pada jalur tabrakan dengan bumi," kata Eksekutif Program NASA, Lindley Johson, dilansir berita Daily Mail, Senin 19 Mei 2014.

Teknik ini menggunakan robot ruang angkasa yang akan menetap di asteroid untuk mengambil batu-batu di permukaannya, sebagai langkah mengubah arah gravitasi yang dirasakan asteroid sehingga akan berubah arahnya menuju orbit yang tidak mengancam bumi. Robot tersebut akan melakukan tugasnya dari hitungan bulan sampai bertahun-tahun.

Asteroid yang menjadi incaran lembaga tersebut yaitu yang berukuran tujuh sampai 10 meter.

Setelah ditemukan, NASA akan mengirim robotnya dengan kapsul Orion, pesawat ruang angkasa, yang mendarat di asteroid dan mengambil tanah dan batuan sebagai sampel untuk analisis lebih lanjut. Diperkirakan hal ini akan dilaksanakan tahun 2021.

Bila benda luar angkasa ini memungkinkan, maka akan dijadikan tempat parkir pesawat ruang angkasa yang menuju perjalanan ke Mars tahun 2030-an.

Saat ini Badan Antariksa AS sedang menyiapkan persiapannya dengan melatih dua astronotnya di sebuah tangki air raksasa yang digunakan untuk mensilumasikan bobot di ruang angkasa.

"Kami sedang mencoba teknik dan alat-alat yang digunakan nanti untuk mengekspolorasi asteroid yang diambil dari orbit mengelilingi matahari. Lalu dibawa kembali oleh robot ruang angkasa untuk mengorbit di sekitar bulan," ujar Stan Love, astronot NASA.



http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/505406-nasa-akan-jadikan-asteroid-tempat-parkir-pesawat


Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image