HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

Begini Gaya Robot Humanoid ASIMO Sambut Obama

Author : Administrator | Sabtu, 26 April 2014 10:47 WIB
Sumber: Viva News

Sebelumnya dia sudah bertemu dengan tokoh-tokoh penting lain.

Robot ASIMO bermain bola dengan Presiden AS, Barack Obama

VIVAnews - Pertemuan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, dengan petinggi negara sudah biasa. Tapi bagaimana jadinya saat Obama bertemu dan berbincang dengan robot humanoid?. 
 
Pertemuan itu memang terjadi di Jepang. Menurut keterangan tertulis Honda, pada Sabtu 26 April 2014, Robot Humanoid Honda, ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) menyambut Obama di National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan) di Tokyo, Jepang, beberapa hari lalu.
 
Ini merupakan kali pertama ASIMO bertemu dengan Presiden Amerika Serikat itu, setelah sebelumnya bertemu dengan tokoh-tokoh penting lainnya.
 
Saat bertemua dengan Obama, Robot ASIMO mengucapkan salam kepada Obama. Uniknya ucapan itu disampaikan dalam bahasa Inggris.
 
"Selamat Pagi, Pak Presiden, perkenalkan, Saya ASIMO, robot humanoid Honda. Senang bertemu dengan Anda," ujar Robot ASIMO mengawali perkenalan.
 
Tak cukup di situ. Usai memperkenalkan diri, Robot ASIMO memperagakan kemampuannya dalam berlari, menendang bola, serta melompat di depan Obama.
 
Selain itu, Robot ASIMO juga mengungkapkan kepada Obama, ke depannya ASIMO akan terus berlatih setiap hari sehingga suatu hari nanti dapat membantu manusia di rumah mereka.
 
Robot Humanoid Honda – ASIMO pertama kali diperkenalkan Honda Motor Co., Ltd pada 21 Oktober 2000 dengan tinggi 130 cm dan berat 48 kg. 
 
Honda sudah memulai penelitian dan pengembangan untuk Robot Humanoid sejak 1980 dengan meluncurkan prototipe Robot Humanoid yang disebut dengan Honda E Series pada periode 1986 hingga 1993. Honda E Series kemudian dikembangkan lagi di Honda’s Wako Fundamental Technical Research Center hingga tahun 1999.
 
ASIMO kemudian mengalami perkembangan sejak diluncurkan di 2000. Pada 2011, ASIMO sudah dapat berlari dengan kecepatan 9 km/jam dan juga berbagai kemampuan baru misalnya berlari, mundur, melompat, bermain bola, menjadi konduktor orkestra, menuang minuman, menyajikan minuman, serta sudah dilengkapi dengan kemampuan indera peraba. 


http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/499746-begini-gaya-robot-humanoid-asimo-sambut-obama


Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image