HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

366 Titik Panas Terdeteksi di Riau pada Pagi Ini

Author : Administrator | Rabu, 25 Juni 2014 13:13 WIB
Sumber: National Geographic


kelapa sawit,kebun,kebakaran hutan
Hamparan perkebunan sawit mengelilingi aliran Sungai Kampar di Provinsi Riau. Tiap tahun, pembukaan dan pembakaran lahan untuk dijadikan area perkebunan telah memunculkan bencana baru bagi masyarakat. Kabut asap beracun akibat pembakaran lahan menjadi ancaman kesehatan nyata bagi masyarakatnya. (Yunaidi/National Geographic Indonesia)

Satelit Tera dan Aqua mendeteksi 366 titik panas di Provinsi Riau. Data indikasi kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut melonjak hingga empat kali lipat dalam tenggat tak sampai 24 jam.

"Berdasarkan laporan dari BMKG pada pukul 07.00 WIB, total titik panas di Riau mencapai 366 titik," kata Kepala Divisi Informasi dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, Rabu (25/6).

Menurut Agus, sebagian besar titik api terpantau berada di Riau. Jumlah ini, lanjut dia, melonjak tinggi dibandingkan pantauan pada Selasa petang yang mendapati 85 titik api. Dia mengatakan pula, dampak kebakaran lahan dan hutan mulai terlihat di daerah pesisir Riau.

"Asap telah menurunkan jarak pandang (visibility). Di Kota Dumai, jarak pandang pada pukul 07.00 WIB turun menjadi 2 kilometer akibat asap," ungkap Agus. Meski demikian, dia mengatakan jarak pandang tersebut masih relatif aman bagi layanan penerbangan di Bandara Pinang Kampai di Dumai, Riau.

Adapun jarak pandang di Pekanbaru, sebut Agus, masih relatif bagus, yakni di kisaran 7 kilometer. "Di Pekanbaru relatif bersih karena angin tidak mengarah ke sana. Yang dikhawatirkan sekarang adalah asap terbawa angin sampai ke negara tetangga," ujar dia.

Agus menjabarkan, titik panas yang menjadi indikasi kebakaran lahan dan hutan ini terdeteksi di 9 kabupaten kota. Titik panas terbanyak, sebut dia, terpantau di Kabupaten Rokan Hilir, dengan 221 titik api.

Adapun sebaran titik api lainnya, lanjut Agus, berada di Kabupaten Bengkalis (57), Kepulauan Meranti (2), Kota Dumai (59), Kabupaten Pelalawan (19), Siak (1), Indragiri Hulu (1), Indragiri Hilir (3), dan Kuantan Singingi (3). Agus mengatakan, tingkat kepercayaan atau akurasi data di atas 70 persen, diterakan untuk 215 titik api.

"Cuaca Riau diperkirakan cerah hingga berawan, masih ada hujan ringan berpotensi terjadi di Wilayah Riau bagian Timur, Tengah, Barat, dan Selatan," imbuh Agus. Saat ini, Pemerintah Provinsi Riau sudah membuka kembali Pos Komando Satgas Siaga Asap di Lanut Roesmin Nurjadin, sejak Selasa.

(KOMPAS.com, Sumber: Antara)




http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/06/366-titik-panas-terdeteksi-di-riau-pada-pagi-ini
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image